April 30, 2016 MasDhika 0Comment
claude shannon

Google Doodle hari (30/04) ini menggunakan tema Claude Shanon dalam rangka memperingati 100 tahun kelahirannya. Lalu siapakah Claude Shanon ?

Claude Shanon adalah seorang ilmuwan matematika, teknik elektro, dan kriptografi asal Petoskey, Michigan, Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai “bapak teori informasi”, yaitu disiplin ilmu dalam bidang matematika terapan yang berkaitan dengan kuantisasi data sehingga data atau informasi itu dapat disimpan dan dikirimkan tanpa kesalahan melalui suatu kanal komunikasi.

Claude Elwood Shannon dilahirkan di Gaylord, Michigan, pada 30 April, 1916, Claude Elwood dan Mabel Wolf Shannon. Ayah Shannon, Claude, seorang hakim di Gaylord yang merupakan kota kecil di Michigan. Meskipun Claude Shanon tidak bekerja di bidang matematika, dia pintar matematis dan tahu apa yang ia bicarakan. Adapun ibunya, Mabel, yang merupakan kepala sekolah tinggi di Gaylord. Meskipun tidak ada banyak pengaruh ilmiah dari ayah Shannon, sebagian besar berasal dari kakeknya. Kakek Shannon adalah seorang penemu dan petani. Dia menemukan mesin cuci bersama dengan banyak orang lain pertanian mesin. Pada tanggal 27 Maret 1949, Claude Shanon menikahi Maria Elizabeth Moore dan bersama-sama mereka memiliki tiga anak; Robert James, Andrew Moore, dan Margarita Catherine.

Hanya beberapa mil dari Massachusetts Institute of Technology terdapat rumah besar Claude Shanonn. Rumah penuh dengan alat-alat musik seperti lima piano dan 30 instrumen lainnya, dari piccolo hingga terompet. Claude Shanon suka menyulap sejak ia masih kecil. Di kamar mainannya adalah mesin dengan tangan beanbag lembut yang menyulap bola baja. karya juggling nya adalah tahap kecil di mana tiga badut menyulap 11 cincin, 7 bola, dan 5 klub, semua didorong oleh mekanisme yang tak terlihat dari jarum jam dan batang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *